Kuliah Umum Pengantar Ilmu Hukum “Ilmu Hukum dan Sistem Hukum di Indonesia”

FH UNS – Pada hari Senin (7/10) telah diadakan kuliah umum khusus bagi mahasiswa strata 1 (S1) angkatan 2024. Acara ini menghadirkan Joeni Arianto Kurniawan, S.H., M.A., Ph.D., sebagai pembicara, beliau merupakan dosen senior fakultas hukum Universitas Airlangga. Kuliah umum tersebut diselenggarakan di Ruang Internasional, Gedung 1 FH UNS dan secara daring melalui zoom meeting.

Dalam paparannya, beliau menyampaikan ilmu hukum berawal mula dari ilmu social-science; kajian sosial-legal hingga penjelasan sistem hukum di Indonesia menganut sistem hukum Eropa Kontinental atau Civil Law System. Civil law System merupakan sistem hukum yang lebih menekankan pada aturan-aturan hukum tertulis seperti peraturan perundang-undangan.

Kuliah umum ini di akhiri dengan sesi diskusi tanya jawab yang interaktif antara pembicara dengan mahasiswa yang hadir dalam daring maupun luring melalui zoom. Acara ini memberikan wawasan berharga bagi mahasiswa dan praktisi hukum tentang dasar-dasar ilmu hukum dan karakteristik sistem hukum di Indonesia


Leave a Reply