Program Studi S2 Ilmu hukum Fakultas hukum UNS gelar Workshop Pelatihan penelitian dan penulisan Tesis

FH UNS – Mahasiswa Strata (S2) program studi Ilmu Hukum FH UNS meningkatkan pemahaman dalam menyusun tesis melalui Workshop Pelatihan Penelitian dan Penulisan Tesis yang digelar pada Kamis (3/10). Dua pakar hukum dari Universitas Diponegoro (UNDIP) terkemuka, Prof. Dr. Suketi, S.H., M.Hum., dan Willy Naresta Hanum, S.H., M.H., kegiatan berlangsung di Ruang Pertamina, Gedung 4 Fakultas Hukum UNS.

Dalam pembahasan workshop tersebut beliau menerangkan bahwa penulisan tesis sarana untuk menggali permasalahan hukum secara mendalam. Tesis yang baik harus mampu membangun teori baru, mengungkap sebab-akibat suatu fenomena hukum, menganalisis fenomena hukum secara komprehensif, di samping memandang hukum bukan hanya aturan yang tertulis, tetapi juga sebagai konstruksi sosial dan budaya yang kompleks, penelotian tesis harus memiliki akan jarak antara subjek dan objek hukum dalam praktiknya, karena jarak ini dapat mempengaruhi penerapan hukum di masyarakat.

Workshop ditutup dengan sesi networking, di mana para peserta berkesempatan berdiskusi lebih lanjut dengan para pembicara. Acara ini merupakan bagian dari serangkaian program studi S2 Fakultas Hukum UNS dalam meningkatkan kualitas penelitian sebagai salah satu pusat keunggulan penelitian hukum di Indonesia.


Leave a Reply