Laboratorium

Laboratorium riil fakultas hukum adalah masyarakat tempat terjadinya aktivitas dan fenomena hukum baik yang sesuai maupun yang bertentangan dengan hukum. Sedangkan di lingkungan kampus tersedia fasilitas laboratorium sebagai berikut:

a. Ruang Laboratorium Moot Court
BoL UNS memiliki empat ruang laboratorium moot court yang terletak di Gedung 3 lantai 3 dengan luas 150 M2. Fasilitas tiap ruang sidang dilengkapi dengan meja dan kursi hakim, jaksa/penggugat, serta pengacara/tergugat, kursi terdakwa/saksi, kursi pengunjung sidang, pembatas, palu, tiang bendera, toga, dokumen surat gugat , dakwaan jaksa, pledoi pembela dan putusan hakim.

b. Ruang Video Conference
Ruang Video Conference terletak Gedung 2 lantai 3 dengan fasilitas video conference yang terhubung dengan Mahkamah Konstitusi dan beberapa universitas di Indonesia. Ruang ini berkapasitas 20 orang dengan fasilitas komputer, LCD, sound system, air conditioner, meja dan kursi dengan ukuran ruangan 84 M2.

c. Galeri Investasi Bursa Efek
Galeri Investasi Bursa Efek didirikan berdasarkan kerjasama FoL UNS dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), PT. Mandiri Sekuritas dan PT. Danareksa Sekuritas. Galeriini dibentuk untuk memfasilitasi mahasiswa BoL mempelajari bagaimana mekanisme investasi di pasar modal. Fasilitas yang ada di Galeri ini adalah tersedia tujuh unit komputer dan dua petugas BEI.

d. Laboratorium komputer
Laboratorium komputer terletak di Gedung 3 lantai 2 FH UNS. Laboratorium komputer ini menyediakan sepuluh unit komputer yakni 1 untuk instruktur dan 9 untuk mahasiswa. Fasilitas ini digunakan untuk menunjang kegiatan mahasiswa yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi. Perangkat yang ada di laboratorium ini senantiasa diperbarui dan dimaintanance agar relevan dengan kebutuhan mahasiswa fakultas hukum.

Semua laboratorium tersebut beroperasi setiap hari Senin – Kamis pada pukul 08.00-15.30 dan Jumat pada pukul 08.00-16.00.