Visi dan Misi

Visi UNS adalah “menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional”.

Visi ini kemudian dijabarkan lebih lanjut ke dalam misi UNS, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang mengarah pada penemuan baru di bidang ilmu, teknologi, dan seni.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya, misi UNS dijabarkan lagi ke dalam tujuan UNS, yaitu:

  1. Terciptanya lingkungan yang mendorong warga kampus mengembangkan kemampuan diri secara optimal.
  2. Dihasilkannya lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, cerdas, terampil, mandiri, sehat jasmani, rohani, dan social.
  3. Terciptanya wahana pengembangan ilmu, pengetahuan, dan teknologi yang berdaya guna dan berhasil guna.
  4. Terwujudnya desiminasi hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian kepada masyaarkat sehingga terjadi transformasi berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih sejahtera.
  5. Terbangunnya pengembangan nilai-nilai luhur budaya nasional sebagai salah satu landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku dalam kehidupan.
  6. Terwujudnya pranata kehidupan yang beradab menuju terciptanya masyarakat yang tertib dan damai.
  7. Terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdaulat, bersatu, adil, dan makmur.
  8. Terwujudnya UNS sebagai universitas bereputasi internasional.

Lebih lanjut, visi, misi, dan tujuan universitas tersebut diturunkan ke dalam visi Fakultas Hukum UNS yaitu “menjadi fakultas hukum yang bertaraf internasional dengan berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional berdasarkan Pancasila”.

Dari visi FH UNS ini dijabarkan ke dalam misi FH UNS. Misi tersebut adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu hukum yang dilandasi persaudaraan, persamaan, semangat tinggi berinvovasi dan kreatif dalam pengembangan keilmuan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu hukum dan berakhlaq mulia, serta mampu bersaing pada taraf internasional.
  2. Mengembangkan sikap intelektual dengan daya kritis tinggi, namun tetap rendah hati dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya insani melalui pengkajian berbagai permasalahan hukum dan masyarakat untuk membangun sistem hukum berdasarkan Pancasila.
  3. Membangun dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat sebagai perwujudan budaya hukum melalui berbagai kegiatan akademik dalam rangka ikut serta menciptakan kemandirian dan penguatan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dan meningkatkan jejaring dengan berbagai lembaga, baik nasional maupun internasional untuk memperkokoh dukungan terhadap keberadaan fakultas hukum di dalam tata pergaulan dan peradaban manusia.
  5. Melaksanakan sistem kelembagaan pendidikan tinggi yang berdasarkan prinsip-prinsip “good university governance”, transparan, dan akuntabel.

Dari visi fakultas di atas, diturunkan ke visi BoL FH UNS sebagai berikut “menjadi program studi ilmu hukum terkemuka dengan menghasilkan lulusan sarjana hukum yang professional dan bermoral berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila serta mampu bersaing di tingkat internasional di tahun 2030.”

Selaras dengan visi BoL, maka misi Sarjana Hukum (Bachelor of Law) UNS adalah sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu hukum yang dilandasi persaudaraan, persamaan, semangat tinggi berinovasi dan kreatif dalam pengembangan keilmuan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu hukum yang berakhlaq mulia serta mampu bersaing pada taraf internasional.
  2. Melaksanaan sistem kelembagaan pendidikan tinggi yang berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik.
  3. Mengembangkan sikap intelektual dengan daya kritis tinggi, namun tetap rendah hati dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya insani melalui pengkajian berbagai permasalahan hukum dan masyarakat untuk membangun sistem hukum berdasarkan Pancasila.
  4. Membangun dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat sebagai perwujudan budaya hukum melalui berbagai kegiatan akademik dalam rangka ikut serta menciptakan kemandirian dan penguatan masyarakat.
  5. Menjalin kerjasama dan meningkatkan jejaring dengan berbagai lembaga, baik nasional maupun internasional, guna memperkokoh dukungan terhadap keberadaan fakultas hukum di tata pergaulan dan peradaban manusia.

Lebih lanjut, tujuan Sarjana Hukum (Bachelor of Law) UNS adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu hukum dengan intelektual yang mumpuni dari segi teoritik maupun praktik dan berakhlaq mulia serta dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan ide, gagasan, pemikiran, serta konsep yang bermutu, dalam rangka mewujudkan kehidupan hukum berdasarkan Pancasila, dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas serta peka terhadap persoalan hukum dan masyarakat.
  3. Melaksanakan tanggung jawab sosial untuk mengembangkan masyarakat yang menghormati hukum dan terciptanya perlindungan hak asasi manusia, agar terwujudnya supremasi hukum dan pembangunan budaya hukum melalui interaksi yang dinamis dengan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.
  4. Mewujudkan fakultas sebagai lembaga yang akuntabel dan profesional dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi hukum yang akseleratif dan dinamis didasari integritas moral dengan keunikan, keterpaduan, serta memberikan makna pada individu, kelompok, masyarakat, bangsa, dan negara.